Hidup Bahagia

Kejujuran dan Keberanian

25/04/2011 11:08

    Konon katanya. Suatu hari, seorang raja yang mulia ingin mencari penggantinya karena beliau sudah tua. Beliau diknal sebagi raja yg bijak. Jadi beliau membagi-bagikan biji bunga kepada setiap pemuda di negeri itu dengan pesan: "Kalian rawat biji bunga ini dan setahun lagi Anda semua akan saya panggil untuk melihat hasilnya."
     Tibalah waktu yang ditunggu-tungu untuk menetukan penggantinya. Para pemuda yangg menerima biji itu membawa bunga-bunga yang sangat indah.
     Tetapi ada seorang pemuda yang hanya membawa pot bunga dan isinya tanah campur pupuk. Pemuda yang membawa bunga-bunga indah mengejeknya. Tetapi sewaktu raja melihat pemuda yang membawa pot kosong itu, sang raja mendekatinya dan pemuda itu sangat takut karen dia pikir akan dihukum, tetapi raja berkata: "inilah raja kalian!".
Smua orang heran dan bertnya: "Kenpa demkian? bukankah bunga yang kami bawa indah sekali dan dia hanya membawa pot kosong?"
     Raja menjawab: "Benar sekali bahwa bunga yang Anda bawa semuanya indah, tetapi taukah anda? Biji bunga yang dibagikan setahun yang lewat adalah biji yang sudah direbus (biji mati)."
    Kejujuran yang bahkan cuma kecil berdampak luar biasa, tetapi disamping itu harus ada keberanian. Jika pemuda yang jujur tadi mendengar ejekan teman-temannya, terus malu dan pulang kerumahnya, dia tidak akan jadi raja.
     Sukses untuk kita smeua...

Back

Search site

© 2011 All rights reserved.

Maju dan melangkah terus...